Tips Kehamilan Sehat

Hasil gambar untuk Tips Kehamilan Sehat

Kehamilan adalah sesuatu yang bisa membuat ibu merasa bahagia. Menjaga bayi di dalam rahim agar tumbuh sehat dan lahir hidup harus dilakukan oleh wanita hamil. Masa kehamilan akan menentukan pertumbuhan anak. Disini kami memberikan beberapa tips sehat selama kehamilan.

  • Kunjungi Dokter Secara Teratur

Selama kehamilan, ibu bisa mengunjungi dokter / dokter secara teratur. Secara teratur periksa bayi di dalam rahim berguna untuk mengetahui kondisi dan pertumbuhan janin. Begitu juga jika ada yang salah dalam kehamilan sebaiknya segera diperiksa oleh dokter. Lakukan ini sampai bulan terakhir kehamilan.

  • Penting Makan Makanan Bergizi

Mulailah makan makanan bergizi; Penting bagi wanita hamil dan pertumbuhan janin. Diet ibu biasanya memakan makanan kecil tapi sering, sekitar 5-6 kali per hari. Ini lebih baik daripada makan porsi besar dalam 3 per hari, diet dengan porsi lebih kecil dan lebih sering mengurangi mual dan muntah di pagi hari, dan sakit perut.

  • Asam Folat dan Seng

Makanan sehat untuk ibu hamil adalah makanan yang mengandung asam folat dan seng. Asam folat berguna untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi dan tulang belakang. Makanan yang mengandung asam folat hadir dalam sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan banyak lagi. Seng bermanfaat untuk mencegah anemia saat hamil. Anemia sangat berbahaya bagi wanita hamil, bisa menyebabkan pendarahan saat melahirkan.

  • Hindari Asap Rokok

Rokok dan asap tembakau sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Hindari asap rokok; Cobalah untuk tidak menjadi perokok pasif. Jika suami Anda seorang perokok, peringatkan jangan sampai merokok di dekat Anda. Dan jika Anda juga seorang perokok, berhenti merokok lebih baik. Asap rokok akan membuat bayi Anda lahir dengan berat kurang, mudah sakit, pertumbuhannya lambat; Bahkan bisa menyebabkan keguguran dan kematian di rahim.

  • Minum Air yang Cukup

Minum air secukupnya adalah hal penting yang perlu diperhatikan wanita hamil. Minum banyak air sangat bermanfaat bagi wanita hamil, karena cairan yang masuk akan membantu meningkatkan volume darah yang terjadi saat hamil. Minumlah minimal 6-8 gelas sehari, bisa jus buah, susu, atau air.

  • Mengambil Obat dengan Aman

Hati-hati saat mengonsumsi beberapa obat. Jika Anda terserang penyakit atau rasa sakit, berhati-hatilah untuk minum obat. Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambilnya. Jika Anda hamil dan minum obat tanpa aturan akan berbahaya bagi janin di rahim.

  • Tetap Aktif Selama Kehamilan

Wanita hamil harus tetap aktif. Wanita hamil juga bisa melakukan olahraga seperti berjalan. Mengambil kelas latihan kehamilan juga bagus, selain bermanfaat bagi ibu dan janin, wanita hamil di kelas mampu berbagi pengalaman dan mendapatkan ilmu. Di sela kegiatan, jangan lupa beristirahat

  • Vaksinasi Selama Kehamilan

Hal lain yang penting adalah vaksinasi selama kehamilan. Wanita hamil harus berbicara dengan dokter mereka untuk mengetahui vaksin mana yang mungkin mereka butuhkan dan apakah mereka harus mendapatkannya selama kehamilan atau menunggu sampai anak mereka lahir. Hepatitis B, Influenza dan Tetanus / Difteri dianggap aman untuk diberikan pada wanita yang berisiko terkena infeksi.

Tips Kehamilan Sehat